Perkembangan
anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) memiliki ciri-ciri perkembangan
sebagai berikut:
1.
Ciri-Ciri
Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 7 Tahun
a.
Fisik
1)
Pandangan
terbatas
2)
Bekerja dengan
kepala diatas meja
3)
Mengenggam
pensil (diujung)
4)
Dapat menulis
dengan rapih
5)
Kadang-kadang
tegang
6)
Suka ruang yang
telah ditentukan
7)
Sering merasa
terluka, bisa nyata atau pura-pura
b.
Sosial
1)
Suka menyendiri,
tertutup
2)
Membutuhkan
penguatan terus-menerus (aman dan teratur)
3)
Kadang murung,
sedih, merajuk, malu
4)
Merasa tidak
banyak orang yang menyukainya (berubah)
5)
Percaya pada
guru untuk membantunya
6)
Sensitif pada
perasaan orang lain, kadang suka mengadu
7)
Tidak suka
melakukan kesalahan
8)
Kuat perasaan
suka dan tidak suka
9)
Menjaga kerapian
meja dan lingkungan
c.
Bahasa
1)
Pendengar yang
baik
2)
Pembicara yang
tepat
3)
Suka
dialog/percakapan berpasangan
4)
Perkembangan
kosa kata cepat
5)
Tertarik cari
arti/maksud kata
6)
Suka sampaikan
catatan kecil
7)
Berminat dengan
bermacam-macam simbol
d.
Kognisi
1)
Suka mengulang pelajaran
2)
Butuh akhir
kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas)
3)
Suka berkerja
secara bertahap (sedikit demi sedikit)
4)
Suka berkerja
sendiri
5)
Suka dibacakan
6)
Suka menghapus
(ingin sempurna)
7)
Ingin menemukan
bagaimana suatu benda berkerja
2.
Ciri-Ciri
Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 8 Tahun
a.
Fisik
1)
Bergerak cepat,
berkerja dengan tergesa-gesa
2)
Penuh dengan
energi
3)
Perlu pelepasan
energi secara fisik (kegiatan diluar ruangan)
4)
Kadang sedikit
aneh
5)
Rentang
konsentrasi terbatas
6)
Memiliki
pandangan dekat dan jauh sama kuat
b.
Sosial
1)
Persifat sangat
baik, penuh dengan humor
2)
Suka bekerja
sama
3) Sering
“menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan
mereka
4)
Resisten
(bertahan) membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan
5)
Lebih suka
kegiatan yang sama dengan teman sejenis
6)
Bermasalah
dengan aturan dan batasan-batasan
7)
Kelompok
pertemanan lebih banyak dari usia 7 tahun
c.
Bahasa
1)
Bicara aktif
2) Mendengarkan
tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah
dikatakannya
3)
Melebih-lebihkan
dalam bicara
4)
Suka dalam
menjelaskan gagasan
5)
Perluasan kosa
kata yang sangat cepat
d.
Kognisi
1)
Suka kegiatan
kelompok
2)
Suka
menghasilkan sesuatu
3)
Sering berkerja
dengan keras/kuat
4)
Mulai mahir
dalam keterampilan dasar
5)
Mulai merasakan
kemampuan keterampilan
6)
Bertambah bagus
dalam melakukan operasi konkret
3.
Ciri-Ciri
Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 9 Tahun
a.
Fisik
1)
Meningkat dalam koordinasi geraknya
2)
Tertantang melakukan kegiatan fisik
sekuatnya (memaksa)
3)
Sering terluka
4)
Banyak mengeluh pada tubuhnya
5)
Menunjukkan kegelisahan dengan menggigit
kuku, gigit bibir, memilin-milin rambut
b.
Sosial
1)
Sangat tinggi dalam kompetitif
2)
Self aware
3)
Tidak sabar
4)
Sering merasa khawatir, cemas
5)
Membuka jarak dengan orang lain
6)
Sering mengeluh, masalah persamaan
7)
Melihat orang dewasa secara tidak
konsisten dan sebagai kontrol
8)
Kritis
9)
Sering marah dan berubah-ubah emosinya
10) Individualistik
c.
Bahasa
1)
Menggunakan kata-kata bersifat deskripsi
2)
Senang bermain dalam kata dan bahasa
serta informasi
3)
Bahasa seperti bayi kadang muncul
kembali
4)
Menggunakan kata-kata yang
melebih-lebihkan
5)
Saat banyak menggunakan kata-kata
negatif seperti: aku benci itu, aku tidak bisa, bosan, iya ya
6)
Senang bercanda yang sifatnya jorok
7)
Mencampuradukan bahasa ketika berbicara
d.
Kognisi
1)
Senang menghasilkan sesuatu dan
mengoreksi diri sendiri
2)
Mulai mengenal dunia yang lebih luas
3)
Sedikit berimajinasi
4)
Rasa ingin tahu secara intelektual
5)
Mampu beradaptasi dengan beberapa
kondisi yang dia hadapi
6)
Bermasalah dengan kondisi abstrak,
angka-angka yang banyak, masa waktu dan ruang
4.
Ciri-Ciri Perkembangan
Anak Sekolah Dasar Usia 10 Tahun
a.
Fisik
1)
Perkembangan
otot besar
2)
Sangat
membutuhkan waktu diluar ruangan dan tantangan fisik
3)
Tulisan tangan
cenderung tidak rapi (jika dibandingkan dengan usia 9 tahun)
4)
Makanan ringan
dan waktu istirahat membantu pertumbuhan tubuhnya
b.
Bahasa
1)
Pendengar yang
baik
2)
Banyak membaca
3)
Ekspresif, suka
menjelaskan, aktif berbicara
4)
Berkerja sama
dan bersaing
5)
Bersahabat,
bergembira
c.
Kognisi
1)
Daya ingat cukup
produktif
2)
Kemampuan pada
hal yang abstrak mulai meningkat
3)
Menyukai aturan dan
hal-hal yang masuk akal
4)
Mengklasifikasi
dan mengumpulkan hal-hal yang disukai, suka menyusun
5)
Mampu
konsentrasi dengan baik, bisa membaca dalam waktu yang relatif lama
6)
Menjadi orang
yang mampu menyelesaikan masalah dengan baik
7)
Bangga dengan
hasil akademiknya
5.
Ciri-Ciri
Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 11 Tahun
a.
Fisik
1)
Meningkatnya
nafsu makan, kegiatan dan bicara
2)
Munculnya
pubertas pada sebagian anak perempuan
3)
Gerakan yang
stabil, kurang waktu istirahat
4)
Sering kena flu
dan terkadang infeksi telinga
5)
Butuh istirahat
yang cukukp
6)
Agak kurang
menggunakan kekuatan fifik
7)
Kemampuan
motorik halusnya baik
b.
Sosial
1)
Peka, emosinya
tidak stabil
2)
Berseberangan
pendapat
3)
Senang berada
diluar rumah
4)
Selalu mengikuti
kata hati, kasar dan kurang peduli
5)
Suka
berargumentasi
6)
Kesulitan
membuat keputusan
7)
Memahami keadaan
dirinya
8)
Emosional
9)
Mudah
masuk/keluar dari kelompoknya
c.
Bahasa
1)
Senang berbicara
ditelpon
2)
Selalu menuruti
kata hati, bicara sebelum dipikirkan
3)
Bicara kasar
4)
Suka berargumen,
pendebat ulung
5)
Apresiatif
terhadap humor
6)
Mengadopsi
bahasa orang dewasa
d.
Kognisi
1) Suka tugas baru
dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas berikutnya
2)
Dapat berpikir
abstrak
3)
Mahir memberikan
alasan
4)
Dapat membangun
dan memodifikasi aturan
5) Memusatkan
perhatian pada pengembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi
6)
Suka
berargumentasi
6.
Ciri-Ciri
Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 12 Tahun
a.
Fisik
1)
Energi tinggi
2)
Butuh banyak istirahat
3)
Dorangan pertumbuhan, tanda pubertas
4)
Makan itu sangat dipentingkan (snack
pagi disekolah)
5)
Pendidikan jasmani sangat dibutuhkan
b.
Sosial
1)
Mulai tampak kepribadian orang dewasa
2)
Dapat memberikan alasan yang lebih masuk
akal
3)
Antusias dan tidak malu-malu
4)
Berinisiatif untuk kegiatannya sendiri
5)
Empati
6)
Peduli pada dirinya dan sangat
pengertian
7)
Dapat membuat tujuan yang nyata dalam
waktu singkat
8)
Muncul rasa aman terhadap dirinya
9)
Teman sebaya lebih penting daripada guru
c.
Bahasa
1)
Muncul kekasaran (sarkasme)
2)
Memiliki makna ganda, bermain kata-kata,
bercanda sesuai kemampuan mereka
3)
Asyik ngobrol dengan orang dewasa atau
teman sebaya dengan bahasa “gaul”
d.
Kognisi
1)
Kemampuan memahami hal yang abstrak
meningkat
2)
Muncul kemampuan pada keterampilan/area
tertentu
3)
Dapat dan akan melihat dua sisi dari
sebuah argumen
4)
Sangat tertarik pada hal-hal yang baru
politik, keadilan sosial
5) Meneliti dan mempelajari keterampilan
sebelumnya dengan meningkatkan disiplin pengorganisasian
SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016.
Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor:
Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar