1.
Kita
akan mempunyai ekspekstasi yang nyata tentang anak dan remaja.
2.
Pengetahuan
tentang psikologi perkembangan anak membantu kita untuk merespons sebagaimana
mestinya pada perilaku tertentu dari seorang anak.
3.
Pengetahuan
tentang perkembangan anak akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari
perkembangan yang normal.
4.
Dengan
mempelajari perkembangan anak akan membantu memahami diri sendiri.
Aspek-Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan
Peserta Didik, yaitu:
a.
Pertumbuhan
Fisik, baik secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku
anak sehari-hari. Secara langsung seperti keterampilan anak dalam bergerak,
secara tidak langsung yaitu bagaimana anak memandang dirinya sendiri dan
bagaimana ia memandang orang lain.
b.
Kecerdasan
(Intelek), merupakan kata lain piker, berkembang sejalan dengan pertumbuhan
syaraf otak. Istilah lain yaitu, kemampuan berpikir, dipengaruhi oleh
kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik.
Tahap-tahap
perkembangan kognitif, menurut Piaget yaitu:
1.
Masa
sensori motor (0,00-2,50 tahun), masa ketika bayi menggunakan sistem
penginderaan dan aktivitas motorik untuk mengenal lingkungannya.
2.
Masa
pra-operasional (2,00-7,00 tahun), kemampuan anak menggunakan simbol yang mewakili
sesuatu yang tidak ada.
3.
Masa
konkret-operasional, (7,00-11,00 tahun), anak mulai mengembangkan tiga macam operasi berpikir yaitu, identifikasi
(menganali sesuatu), negasi (mengingkari sesuatu), reprokasi (mencari hubungan
timbal balik antara beberapa hal).
4.
Masa
operasional (11,00-dewasa), memperkirakan apa yang mungkin terjadi ia dapat
mengambil kesimpulan dari suatu pernyataan yang telah ditentukan.
c.
Temperamen
(Emosi), rasa dan perasaan adalah salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh
manusia. Temperamen adalah gaya atau perilaku karakteristik individu dalam
merespons.
d.
Sosial,
manusia sebagai makhluk sosial yang dalam keadaanya tentu tidak dapat hidup
tanpa bantuan dari manusia lain.
e.
Bahasa,
sebagai alat komunikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, suara
untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain.
f.
Bakat
Khusus, merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seseorang individu yang
hanya dengan rangsangan atau sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat
berkembang dengan baik.
g.
Sikap,
Nilai, dan Moral, semakin tumbuh dan berkembang fisik dan psikisnya, anak mulai
dikenalkan terhadap nilai-nilai, ditunjukkan hal-hal yang benar dan salah.
h.
Interaksi
Keturunan dan Lingkungan dalam Perkembangan, keturunan dan lingkungan berjalan
bersama atau bekerja sama dan menghasilkan individu dengan kecerdasan,
temperamen tinggi dan berta badan, minat yang khas.
SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar