Jumat, 23 Desember 2016

Kearifan Lokal yang Sesuai dengan Sila-Sila Pancasila

Kampung Tanjung Harapan, Desa Pegadingan Permai RT 001/006, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, masih memiliki kearifan lokal yang sesuai dengan sila-sila pancasila, diantaranya pada sila ke:
1.        Ketuhanan Yang Maha Esa (sila ke-1)
Masyarakat yang memiliki transportasi baru, ingin melaksanakan pernikahan, memiliki seorang bayi yang baru bisa berbicara, merangkak/berjalan, biasanya mereka mengadakan ritual saweran atau semacam melemparkan uang koin kepada masyarakat yang sudah diberitahu sebelumnya sehingga masyarakat berkumpul disuatu tempat dan berebut koin. Saweran ini bertujuan untuk menunjukkan rasa syukur kita atas semua yang telah kita miliki baik berupa materi ataupun kebahagiaan, yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Dan juga kita dapat berbagi rezeki kepada orang-orang sekitar agar mereka ikut mendoakan agar kita diberi keselamatan serta mereka juga dapat merasakan kebahagiaan yang kita rasakan.
2.        Persatuan Indonesia (sila ke-3)
Pelaksanaan saweran mengajarkan kita untuk berbagi dengan sesama umat manusia dan tidak memandang ras, suku, budaya maupun agama, karena disitu kita semua dapat berkumpul tanpa adanya sebuah perbedaan, yang sesuai dengan  sila pancasila ketiga mengenai persatuan Indonesia.
3.    Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan (sila ke-4)

Adanya kegiatan musyawarah yang biasa dilakukan untuk mencapai kata mufakat atau tujuan dari musyawarah itu sendiri contohnya pada saat dikampung tanjung harapan, jembatan penghubung rubuh, masyarakat langsung mengadakan musyawarah untuk mencari solusi, memecahkan masalah, dan untuk menghasilkan keputusan bersama yang adil. Selain itu pada saat pembangunan (renovasi) Musholla, pengadaan lomba 17 Agustus, serta acara keagamaan seperti Isra Miraj dan Maulid Nabi pun masyarakat selalu  megadakan musyawarah terlebih dahulu, agar kegiatan berjalan dengan lancar dan tercapainya tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar