Untuk mengetahui suatu
perkembangan dan pertumbuhan manusia baik secara kuantitatif maupun kualitatif
dari manusia tersebut maka dilakukan pendekatan-pendekatan dan metode-metode
tertentu.
Pembahasan
mengenai pendekatan yang lebih umum mengandung 2 pengertian yaitu memberikan
lebih banyak data mengenai keseluruhan perkembangan atau beberapa aspeknya, dan
meninjau pengaruh faktor endogen (bawaan) dan eksogen (lingkungan, khususnya
kebudayaan) bagi perkembangan seseorang.
Pendekatan
yang lebih umum memberikan pengertian akan keseluruhan proses perkembangan atau
beberapa aspeknya, misalnya perkembangan intelektual, atau pengertian kan
faktor endogen dan eksogen bagi perkembangan seseorang.
Adapun
pendekatan psikologi perkembangan dapat diuraikan sebagai berikut:
1.
Pendekatan Longitudinal
Pendekatan
longitudinal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara
menyelidi perkembangan manusia dalam jangka waktu yang lama atau sebagian waktu
dari hidup manusia tersebut, misalnya mengikuti perkembangan seseorang dari
lahir sampai akhir hidupnya atau sebagian dari hidupnya.
2.
Pendekatan Transversal
atau Cross-Sectional
Pendekatan
dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembangan manusia
dari beberapa kelompok dalam jangka waktu yang relatif singkat. Pada pendekatan
ini, penelitian dilakukan terhadap beberap asubjek yang dikelompokkan, misalnya
dikelompokkan menurut usia subjek yang diteliti secara berurutan (14 tahun, 15
tahun, 17 tahun).
3.
Pendekatan sekuensial
Pendekatan
ini memungkinkan peneliti untuk membandingkan perbedaan individual dan
perkembangan, kombinasi dari longitudinal dan cross-sectional dapat menyajikan
gambaran perkembangan yang lebih lengkap daripada dilakukan pendekatan secara
terpisah.
4.
Pendekatan
Cross-Culture (Lintas-Budaya)
Pendekatan
dalam penelitian yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan maupun
kebudayaan yang dapat mempengaruhi perkembangan manusia. Pendekatan ini
dilakukan terhadap beberapa kelompok yang berbeda latar belakang kebudayaannya,
melalui percobaan maupun tes pengumpulan data.
SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar