Cukup banyak dasar-dasar pemikiran yang menyatakan bahwa
pendidikan seumur hidup atau long life education sangat penting. Dasar-dasar
pemikiran tersebut ditinjau dari berbagai diantaranya :
1)
Tinjauan Idiologis
Pendidikan
seumur hidup akan memungkinkan seseorang mengembangkan potensinya sesuai dengan
kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya semua manusia dilahirkan ke dunia mempunyai
hak yang sama, khususnya hak untuk mendapatkan pendidikan dan peningkatan
pengetahuan dan keterampilannya.
2)
Tinjauan Ekonomis
Pendidikan
merupakan cara yang paling efektif untuk keluar dari lingkungan yang menyeret
kepada kebodohan dan kemlaratan. Pendidikan seumur hidup dalam konteks ini
memungkinkan seseorang untuk:
a.
Meningkatkan produktifitasnya
b.
Memelihara dan mengembangkan sumber-sumberyang dimilikinnya
c.
Memungkinkan hidup dalam lingkungan yang lebih sehat dan
meyenangkan.
3)
Tinjauan Sosiologis
Pada umunya di negara-negara sedang
berkembang ditemukan masih banyak orang tua yang kurang menyadari akan
pentingnya pendidkan formal bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, anak-anak
mereka yang kurang mendapatkan pendidikan formal, putus sekolah, dantidak
sekolah sama sekali. Dengan demikian, pendidikan seumur hidup kepada orang tua
akan merupakan solusi dari masalah tersebut.
4)
Tinjauan Filosofis
Negara-negara demokrasi menginginkan
seluruh rakyatnya menyadari pentingnya hak milih dan memahami fungsi
pemerintah,DPR,DPRD, dan sebagainya.Oleh karena itwu pendidikan kewarganegaraan
perlu diberikan kepada setiap orang.
5)
Tinjauan Teknologis
Di era globalisasi seperti sekarang
ini, tampaknya dunia dilanda oleh eksplosi ilmu pengetahuan dan teknologi
dengan berbagai produk yang dihasilkannya. Bila hal ini tidak dilakukan, maka
kita akan senantiasa tertinggal sebab bagaimanapun orang tidak bisa menutup
diri terhadap segala kemajuan yang melandanya.
6)
Tinjauan Psikologis dan Pedagogis
Bagaimanapun diakui bahwa
perkembangan iptek sangat pesat punya dampak dan pengaruh besar terhadap
berbagai konsep, iptek , dan metode pandidikan. Oleh sebab itu, tugas
pendidikan jalur sekolah yang utama sekarang ialah mengajarkan bagaimana cara
belajar, menanamkan motivasi yang kuat dalam diri anak untuk belajar terus
sepanjang hidupnya , memberikan skill kepada anak didik secara efektif agar dia
mampu beradaptasi dalam masyarakat yang cenderung berubah secara cepat.
Sebagai pokok dalam pendidikan
seumur hidup adalah seluruh indivindu harus memiliki kesempatan sepanjang
hidup.Semua itu dengan tujuan untuk menyembuhkan kemunduruan pendidikan
sebelumnya, untuk memperoleh skill yang baru, untuk meningkatkan keahlian
mereka dalam upaya pengertian tentang dunia yang mereka tempati, untuk
pengembangan kepribadian dan tujuan-tujuan lainnya. Konseptualisasi pendidikan
seumur hidup merupakan alat untuk mengembangkan individu-individu yang akan
belajar seumur hidup agar bernilai bagi masyarakat.
SUMBER:
Arief
S.Sadiman.2010.Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya.Jakarta:
Rajawali Pers.
Buchari
Alma,2009.Kewirausahaan.Bandung: Alfabeta
Hasbullah.
2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Idris, Zahara.1981.Dasar-dasar Kependidikan.
Bandung: Angkasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar