Psikologi
perkembangan peserta didik memiliki tujuan, di antaranya sebagai berikut :
1.
Untuk
mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/
perkembangannya
2.
Untuk
mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya
3.
Untuk
mengetahui kapan individu bias diberi stimulus pada tingkat perkembangan
tertentu
4.
Agar
dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan
dihadapi anak
5.
Khusus
bagi guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai
dengan kebutuhan anak, terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar
6.
Memberikan,
mengukur dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang
sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri
universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam
lingkungan sosial budaya mana saja
7.
Mempelajari
karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif,
maupun psikososial
8.
Mempelajari
perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan, atau masa perkembangan
tertentu
9.
Mempelajari
tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda
10.
Mempelajari
penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang, seperti kenakalan-kenakalan,
kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.
Psikologi
perkembangan memiliki 3 fungsi sebagai ilmu, yaitu:
1.
Menjelaskan,
yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa tingkah laku itu terjadi.
Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.
2.
Memprediksikan,
yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah
laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimilasi.
3.
Pengendalian,
yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya
berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi serta
rehabilitasi atau perawatan.
Menurut
Hurlock, beberapa manfaat psikologi perkembangan adalah sebagai berikut:
1.
Membantu
apa yang diharapkan oleh anak dan kapan yang diharapkan itu muncul
2.
Dengan
apa yang diharapkan dari anak, memungkinkan untuk menyusun pedoman dalam bentuk
skala tinggi-berat, usia-berat, usia-mental, dan skala perkembangan sosial atau
emosional
3.
Memungkinkan
para orang tua atau guru memberikan bimbingan belajar yang tepat
4.
Mengetahui
perkembangan yang normal pada anak.
SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar